3 Area Kelemahan

3 Area Kelemahan

Hidupmu memiliki kelemahan. Hidupmu bukan hanya untuk menutupi kelemahan tetapi melawannya. Apa saja kelemahan yang tidak kamu sadari?

1 petrus 5:8

* tidak selamanya kita menghindari iblis.
* cepat atau lambat kita harus menghadapinya dan melawannya.

3 area kelemahan (iblis incar, kita tidak bisa lakukan apa-apa, tapi Tuhan Yesus dapat melakukan sesuatu untukmu):

* mat 4:1-11 (Yesus dibawa Roh Kudus untuk menghadapi pencobaan)

* titik pertama anda sangat lemah disitulah anda dicobai yaitu waktu yang tidak disangka-sangka (misal: ketika anda berpuasa). Iblis tau kapan anda lelah secara fisik, mental, dan rohani.

Iblis mencobai selalu dengan kompromi yang kecil. (Penuhilah kebutuhanmu sewaktu kamu lemah jika itu menurutmu baik bagi kamu)

Iblis mencobai anda disaat anda merasa kuat. (Ketika merasa kuat disitulah kelemahan terbesarmu) (mulai menyalahgunakan otoritas yang Tuhan beri untuk memuaskan nafsu diri sendiri)

Jangan bersandar kepada pengertianmu sendiri! Tapi kepada firman Allah… (amsal 3:5)

Cara menanggulangi kelemahan secar fisik dan mental adalah dengan senjata firman.

* titik kedua kelemahan kita adalah jiwa kita. Kesombongan kita. Kebanggaan kita. (Jatuh karena kita berpikir dengan kata “jika kita… maka aku akan… maka aku bisa…”) (menyerang rasa pride anda yaitu keinginan manusia ingin dikenal, dipuji, ditinggikan, dll. Inilah pemberian Tuhan untuk anda boleh nikmati (berkatNya) tapi dimanipulasi oleh iblis (keangkuhan) juga rasa rendah diri (sombong negatif karena tidak percaya pada Tuhan). Beda dengan rendah hati yang tidak percaya diri tapi percaya

Amsal 3:5

Tuhan / andalkan Tuhan. Rendah diri adalah orang yang tidak percaya diri dan mengumbar rasa tidak percaya dirinya sehingga ia menjadi seorang yang mengasihani dirinya. Menjadikannya orang yang defensive, mudah tersinggung, kerjanya selalu menyendiri, dunianya tertutup, asyik sendiri yang berlebihan. Inilah kesombongan versi negatif yang digunakan iblis untuk menghancurkanmu.)

Kesombongan / keangkuhan adalah bentuk pertahanan dari rasa tidak percaya diri anda.

Kesombongan / keangkuhanmu akan rontok jika kamu mengasihi Tuhan. Tuhan akan menggantikannya menjadi kerendahan hati dan kelemahanmu menjadi kekuatan tersendiri di tangan Tuhan untuk mengubahmu, menguatkanmu, dan memakaimu.

* titik ketiga kelemahanmu adalah umpan akan kuasa duniawi yang membuatmu merasa kuat. (Kekuasaan. Tentang jabatan.) (Ambisi yang berlebihan) (menyerang passion / semangat dan desire / hasrat terhadap hal tertentu yang dapat membuatmu merasa puas dan kuat) (semangat / hasrat kepada Tuhan diubah menjadi obsesi untuk kepentingan diri sendiri dan hawa nafsu untuk memuaskan kedaginganmu) (kamu terserang ketika kalimat “jika kamu ingin… kamu harus…” terayu kuasa instan yang ditawarkan iblis untuk membuat anda merasa powerful) (sperti pencobaan dan kejatuhan yang dialami adam dan hawa; kej.3:1-6)

Jika kita taat pada Tuhan, kita menjadi milikNya sepenuhnya. MilikNya sepenuhnya berarti anda punya otoritasNya sepenuhnya sebagai Anak Allah.

Ibrani 4:15-16 (Tuhan pun tidak menyalahkanmu ketika kamu mengambil keputusan yang salah karena Dia pernah diposisi yang sama sewaktu sebagai manusia, hanya saja Dia tidak berbuat dosa sehingga bisa menebus kita dengan darahNya.)

Ps. Caleb Nathanieliem

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s