Connect Group 2010

CG 2010

January 2010

God’s True Love

– 2 Samuel 7:14-15

16 jan 2010

– matius 10:27

– matius 13:44-46 (kingdom)

– matius 14:22-23

– matius 15:8-9, 19

– matius 18:3-4

31 jan 2010

KKR Sel (@ SD Yunike Andreas)

– Lukas 15:11-24

– Yesaya 1:18

Bacaan Roma

– roma 1:17

– roma 2:1-25

– roma 3:27-28

– roma 5:1-5

– roma 6:7-11, 14, 18

– roma 8: 6-17, 23-27, 29-30, 36

– roma 9:20-28

– roma 10:4-15, 19-21

– roma 12:9-21

– roma 13:10-14

– roma 14:8, 12, 17-19, 23

– roma 15:3, 9-13, 21

Febuary 2010

Jujur

– apa sih yang dimaksud jujur?

+ terbuka

+ punya keyakinan kuat

+ tidak takut akan resiko

+ menjalani dengan apa adanya

– 2 tawarikh 31:20 (yang Tuhan mau)

– mzm 25:21 (yang harus kita punya)

– mzm 37:37 (yang dijanjikan / contoh yang harus diikuti)

– mzm 50:23

– mzm 111:8 (jujur yang diartikan Tuhan kepada kita)

– rugi gak kalo selalu jujur?

* kenapa dari amsal? Karena segala sesuatu tentang yang benar

Yang harus kita lakukan oleh Tuhan ada disini (yang bijak)

– ams 2:7-12

– ams 2:21 (posisi yang ada pada diri kita akan tetap, misal sebagai…,

Menjadi…, karena dilakukan dengan jujur)

– ams 3:32 (kita bisa lebih dekat sama Tuhan)

– ams 11:11 (kita bisa menjadi berkat)

– ams 12:6

– ams 14:9 (saling membangun)

– ams 15:19 (selalu dibantu Tuhan)

– ams 16:13 (disukai Tuhan)

– jujur berarti menerima kenyataan yang ada (meskipun pahit)

– jujur dilihat dari proses bukan hasil akhir karena hasil akhir masih bisa

Dibuat dengan tidak jujur

– mzm 119:126-128

+ semua dimulai dari diri sendiri, orang lain hanya memberi tahu

Dan jalannya.

14 feb 2010

– keluaran 18:13-27; 20:1-21

– matius 21:9, 16, 21-22

– matius 19:16-26

– matius 18:21-35

Maret 2010

Ikut Tuhan

– ayub 2:10

+ harus siap terima yang gak enak juga (pikul salib)

+ ujian bagi kesetiaan kita

+ Tuhan yang memberi (kita tidak bisa mengatur Tuhan untuk beri apa yang kita mau)

+ Tuhan yang mengambil (rela, pasrahkan diri, bukti dari kita bahwa

Tuhan yang menjadi prioritas)

+ sadar (kita bukan pemilik tapi pengelola)

+ syukuri apa yang ada, gunakan segala sesuatu yang kita punya untuk kemuliaanNya

+ tetap percaya pada apa yang akan dikerjakan Tuhan pada kita

Dan rencanaNya pada hidup kita

+ buktikan iman dan kesetiaan kita sampai akhir!

(2 timotius 4:7-8)

April 2010

The Passion

2 april 2010

Kita salah diomelin biasa. Tapi, kalo Dia… Gak salah malah disiksa! Dia kasih kita hidup. Tapi, hidup kita malah kayak gini! Kita punya masalah = waktu Dia pikul salibNya

2-9 april 2010

– 1 korintus 4:5, 15

+ jadi pelaku firman

+ jangan hanya berdoa, tetapi berusaha

+ saling membangun

+ berharap, berdoa dengan sungguh

– ulangan 26:17-19

+ janji kepada Tuhan

+ menerima Dia

+ mengikut Dia = patuh pada perintahNya

+ kemudia Dia akan mengangkatmu… (janji Tuhan)

Kerajaan Allah:

– lukas 13:18-21

+ biji sesawi

(Kerajaan Allah itu seperti biji sesawi yang ditaburkan/diwartakan oleh Yesus. Lalu mereka yang mempercayaiNya dan menerimaNya terus bertumbuh dalam iman dan berbuah serta berdampak bagi sekitarnya)

+ ragi

(Kerajaan Allah itu nyata dan hadir ditengah-tengah kita)

+ lukas 14:15-24

(Kerajaan Allah yang sedang mengadakan oerjamuan besar)

(kompromi terhadap dosa (orang-orang di jalan Tuhan))

(orang berdosa (orang-orang miskin, cacat, dan buta) yang menjadi

terdahulu)

(orang-orang yang di jalan Tuhan yang kompromi dengan dosa:

Tidak bisa menikamati berkatNya (rajin saTe, rajin ke gereja, tapi

Tidak mendapat hal baru), kegelisahan hati, menimbulkan/secara tidak

Sengaja kita kembali kepada kita yang dulu, perlahan tapi pasti

Pikiran kita tidak mudah dikendalikan lagi)

(apa solusinya? Minta ampun dengan Tuhan, buat komitmen baru,

Ingat satu hal -> Tuhan datang untuk orang berdosa (luk 15:1-5)

Serta pengorbanan hidupNya untuk kita.)

* jangan sekali-kali jauh sedikitpun dari Tuhan. Karena segalaNya

Berasal dariNya.

The sweetest (09-04-2010)

2 korintus 4:5-6, amsal 10:4, kubagikan. Tapi dibuku tertulis 1 korintus 4:5, 15. Ayat sebenarnya yang mau dibagikan: 1 korintus 14:5, 15. Point-pointnya dibuku tertulis: (jadi pelaku firman, saling membangun, jangan hanya berdoa–tetapi berusahalah). Semuanya berhubungan dengan yang dibagikan, tapi berhubungan juga dengan ayat yang tertulis dibuku dan pada ayat yang sebenarnya yang aku mau bagikan.

Me: sungguh besar, mulia, berkuasa Tuhan! Puji Tuhan! Komsel 9 april 2010; 19.30-20.30

24 april 2010

– 1 korintus 14:5

– ulangan 26:17-19

– efesus 6:16

– lukas 3:8-9

– 1 korintus 3:16

– lukas 5:20-26

– semangat dan kasih mula-mula!

– kata hati

– lukas 7:22-23, 36-50

– lukas 17:1-6, 7-10

– hakim-hakim 6

– lukas 9:46-48, 51-55, 62

– lukas 10:17-20, 23-24, 25-37, 42

– lukas 11:9-13

– lukas 12:1-12, 11-12, 13-21

– lukas 17:24-37

+ point: ayat 24 (diakhir zaman segala sesuatunya tinggal dipercepat. So, kitapun gak boleh tinggal diam)

Mei 2010

No-title

– lukas 17:7-19

– 1 samuel 16:7

No-title

– 1 raja-raja 3:6

– lukas 24:38

Luar biasa 1

– 1 sam 2:1-10, 26

– 1 sam 3

– 1 sam 7:3

– lukas 13:6-9, 18-21, 22-30

– lukas 14:7-11, 11-12, 12-14, 15-24 (tentang berkat)

9 mei 2010

Luar biasa 2

– 1 sam 12:7, 24

– 1 sam 13:13-14, 22-23

– 1 sam 16:7

– 1 sam 17:33, 45, 47

– 1 sam 18:14

– lukas 14:25-35

– lukas 15:7, 11-31

– lukas 16:8-9, 11-17, 25-26, 31

– lukas 17:3-6, 7-19 (ucap syukur), 24, 27-37 (akhir zaman)

12 mei 2010

Luar biasa 3

– 2 sam 5:22-24

– 2 sam 6:6-7, 21

– 2 sam 7:14-16

– lukas 20:25 (perintah), 34-38 (percayalah!)

– lukas 21:3-4 (penaburan), 12-19 (ikut Yesus)

Komsel

– lukas 17:7-19

– 1 samuel 16:7

– lukas 14:25-35

– lukas 15:7, 11-31

– lukas 16:8-9, 11-17, 25-26, 31

13 mei 2010

Luar biasa 4

– 2 samuel 10:12; 11:25

– lukas 21:22, 25-28 (sedang terjadi), 29-32 (tanda-tanda yang sedang terjadi), 34-36 (berjaga-jagalah!)

– galatia 5:1-15, 15, 16-26

– efesus 3:5; 4:10; 5:15; 6:17

– filipi 3:15; 4:5 (a sentence)

– 2 tesalonika 3:10 (camkan!)

– efesus 5:5 (camkan!)

– yohanes 10:10 (inilah Yesus)

– yohanes 6:25-59

saTe

– lukas 22:25-30

– lukas 22:46

– lukas 20:9-19

(hamba dari tuan = orang-orang yang diutus Allah, anak dari tuan = Yesus, tuan = Allah, para penggarap = manusia)

– lukas 19:41-44 (akhir zaman)

– 1 samuel 25:28

– 1 samuel 28:15-20 (disaat kita jauh dari Tuhan)

– 1 samuel 14:13, 16

– lukas 18:18-27 (seperti kita yang mempunyai uang tapi ragu untuk memberi persepuluhan / penaburan)

– 1 samuel 20:1-43 (friendship, saling tolong-menolong)

– lukas 18:1-8, 9-14 (doa yang benar)

– lukas 12:22-34 (percaya pada Tuhan); 35-48 (berjaga-jaga)

– lukas 9:46-48, 51-55, 60, 62

– galatia 6:15

– yosua 4:24

– lukas 5:1-11, 10

– yosua 7

– lukas 5:20-26

– lukas 6:20-26, 36, 37-42 (feedback), 43-45 (sifat seseorang), 46-49 (tentang iman kita)

– lukas 7:9-10 (percaya kepada Dia)

– lukas 8:4-15, 16-18, 21

– hakim-hakim 6

– 1 samuel 1:15, 26-28

– ulangan 23:23

– ulangan 24:16 (curang)

– 1 korintus 14:5

– lukas 19:20

– markus 5:21

– ibrani 5:10

– ulangan 26:17-19 (promise), 26

– ulangan 28:1-14

– ulangan 29:13-14

– ulangan 30:11-20

– ulangan 32:11

– lukas 4:1-13

– lukas 4:18-19

– lukas 1:67:80

– ulangan 13:4

– lukas 1:5-25

– ulangan 11:13-15

16 mei 2010

Luar biasa 5

– roma 5:1-11, 5

18 mei 2010

Luar biasa 6

– yakobus 4:13-17

– yakobus 5:7-11

– 2 samuel 24:14 (isi doamu)

– amsal 23:18

Komsel 20 mei 2010

– 1 raja-raja 3:6, 9-11, 12-14

– lukas 24:38

– yohanes 1:1-18

21 mei 2010

– kisah para rasul 6:3

(seorang pemimpin harus penuh roh dan hikmat)

– yakobus 5:20

Juni 2010

2 juni 2010 (remed matematika semester 2, pengumuman)

– proses pendewasaan diri dan persiapan untuk menerima mukjizatNya yang besar, jangan sampai kamu lemah dan proses pendewasaan diri kamu gagal dan berkat besar batal untuk kamu dapatkan

8 juni 2010

– 1 raja-raja 13:9 (jangan kembali lagi seperti dulu)

– yohanes 4:49-53 (tetap percaya)

– yohanes 5:17

– 1 raja-raja 17:7-24

Komsel

– 1 raja-raja 18:20-46

(bagaimana cara elia mempertobatkan banyak orang)

– yohanes 5:19-47

(point: 31-44 => camkan dalam hati)

– yohanes 6:61-65

– yohanes 7:7-8, 16-18, 24, 33-35, 37-39

– yohanes 8:12-20, 28-29, 30-32, 43, 47, 51

– yohanes 9:35-39

12 juni 2010

Doa

– matius 21:22

– markus 11:24-25

– matius 18:19

18 juni 2010

– yohanes 14:26

– yohanes 15

– yohanes 16:13-15

19 juni 2010

– mazmur 141:3 (kata-kata)

– mazmur 143:8

20 juni 2010

– yohanes 16:22-24

– 1 tawarikh 17:2

21 juni 2010

– 1 korintus 1:25-31

– 1 korintus 2:9-12, 16

22 juni 2010

– galatia 3:12, 24

26 juni 2010

– 1 tawarikh 28:9

– yohanes 20:22-23

27 juni 2010

– keluaran 12:42

– mazmur 92:13

28 juni 2010

– Amsal 16

– mazmur 75

30 juni 2010

– yohanes 2:25

– ratapan 2:19

– yoel 2:32

– yakobus 4:7-10

– 1 petrus 1:6

– 1 petrus 2:9-10

– 2 tawarikh 7:14

Juli 2010

2 juli 2010

– kisah para rasul 2:14-40, 46-47

– kisah para rasul 3:5-10

– 2 tawarikh 14:11

3 juli 2010

– 2 tawarikh 15:7

4 juli 2010

– yang dibutuhkan dalam peperangan rohani:

+ kuatkan kakimu

+ kuatkan hatimu

+ siapkan perisai (efesus 6:17-18)

+ siapkan pedang (efesus 6:17-18)

+ slalu waspada

6 juli 2010

Luar biasa 8

– 2 tawarikh 19:6-7

– 2 tawwarikh 20:15-30

– 2 tawarikh 21:20b (teguran!)

– 2 tawarikh 25:4 (teguran!)

– kisah para rasul 4:23-31

– kisah para rasul 5: 1-11, 17-25

7 juli 2010

– 2 tawarikh 26:5

– kisah para rasul 5:28-33, 38-39, 41-42

– kisah para rasul 6:1-7

9 juli 2010

– jangan merasa tawar hati melakukan hal yang harus kita lakukan untuk melayani Tuhan

– jika kita merasa sia-sia itu berarti kita tidak sepenuh hati

– yang berarti kita gak panas n gak dingin (wahyu 3:15-16)

– lakukan apa yang seharusnya kita lakukan untukNya, karena memang kita telah memutuskan untuk menjadi hambaNya

15 juli 2010

– kisah para rasul 10:34-48

– kisah para rasul 11:15-18

17 juli 2010

– kisah para rasul 14:22

– galatia 5:6

21 juli 2010

– galatia 6:1-10

– kisah para rasul 18:9-10, 27-28

23 juli 2010

– kisah para rasul 19:11-12

24 juli 2010

– efesus 6:16-19

(sadar gak sih kita sedang perang? Perang yang lebih sulit daripada perang dunia. Percay gak percaya kita sedang alami n ikut berperang. Tapi, kita menang atau kalah? Punyai pedang Roh n perisai iman sebagai senjatamu)

– kisah para rasul 20:24

28 juli 2010

– ayub 22:21-30

– ayub 28:28

30 juli 2010

– kisah para rasul 23:11

– yohanes 9:1-3

– 1 petrus 2:5-10

No-title

– ibrani 12:1-29

– titus 2:11-15

– kisah para rasul 10:34-48, 11:15-18

Agustus 2010

4 ags 2010

– 1 korintus 6:12-20

10 ags 2010

– mazmur 15; 18:25

11 ags 2010

Just bring your broken heart to Jesus… And then you will feel how He heals you and make you feels better more than before (psalm 103:3, psalm 147:3, isaiah 57:18)

13 ags 2010

– galatia 5:17, 18-25

20 ags 2010

– 2 korintus 4

– 1 tesalonika 4-5:11

Points:

+ 1 tesalonika 4:3-7

+ 1 tesalonika 5:5, 8; 15-18

September 2010

Komsel: are you?

– mazmur 56

+ just believe, andalkan Tuhan!

– roma 14:23, yakobus 4:17, 2 tesalonika 2:13-14

+ udah sadar lom?

– 2 timotius 3:12

– 2 timotius 2:11-13

– 1 yohanes 4:18

– mazmur 50:23

Oktober 2010

November 2010

28-29 nov 2010

– mazmur 18:30-31

– kisah para rasul 28:26-28

– roma 1:5-6, 16-17

– mazmur 19:8-10

– mazmur 22:25, 27

– yang kita perbuat itu yang kita tuai

– doakan setiap orang yang punya masalah sekalipun itu musuhmu (orang yang menyakiti hatimu)

– amsal 24:15-17

– mazmur 25:12

+ Tuhan mengendalikan arah kita. Jalan sudah ditentukan olehNya

– Mazmur 25:14

+ Tuhan berbicara melalui firmanNya. Penting bagi kita untuk terus membaca firmanNya

+ jika dekat dengan Tuhan. Dia dengan cara apapun akan menyampaikan apa yang akan disampaikanNya

– roma 1:18-32

+ orang yang tidak mengaku/memuliakan Tuhan akan diserahkan kepada si jahat

+ memuliakan Tuhan adalah pokok utamaNya. Kita hanya tahu dan kenal saja tidak cukup! Yang terpenting adalah memuliakanNya! Karena memang Tuhan pantas dimuliakan (Dia rela mati bagi kita yang penuh dosa!–ayat 20-22)

Desember 2010

8 des 2010

Persembahan yang sempurna

– ibrani 10

+ 10 = pengorbanan Yesus disalib

+ 15-16 = pengampunan yang harus dicontoh olehmu

+ 26-27 = dosa bagi orang percaya

+ 30 = mengampuni! Tuhan-lah yang membalas perbuatan salah

+ 37-38 = selalu introspeksi diri! Ingat dan teguhkan iman!

+ 39 = iman kepada Yesus

10 des 2010

– 1 yohanes 3

+ point:

Ayat 3 (pengharapan kepada Yesus adalah suci. Menaruh pengharapan = hidup didalamNya)

Ayat 6 (introspeksi diri sendiri! Berbuat dosa = tidak mengenal Dia, tidak didalam Dia)

Ayat 8 (Yesus ada untuk menghapus dosamu!)

Ayat 9 (ciri orang yang benar-benar lahir dari Allah)

Ayat 14-15 (tuntunan hidup benar: mengasihi)

Ayat 18 (perkataan tidak berlaku, tetapi perbuatanlah yang berlaku)

Ayat 21 (pentingnya menjaga hati)

Ayat 24 (taat. Karena Roh Tuhan telah ada dalam kita)

Ayat 9-11 (jadilah terang yang memang terang atau gelap yang akan berubah menjadi terang. Segala perbuatan harus murni tanpa ada yang dirahasiakan)

Ayat 12-14 (jika firman Allah terus diingat, diimani, dan menjadi pedoman tersendiri. Artinya firman Allah diam dalammu. Firman Allah yang diam telah mengalahkan iblis. Jadi, jangan ada lagi intimidasi iblis!)

Ayat 15-16 (contoh-contoh mengasihi dunia)

My analogi:

(kebun-kebun sudah pasti banyak tanaman, pohon-pohon, suasana sejuk, bunga-bunga yang wangi, membuat orang tertarik untuk melihat. Jadi, gak akan mungkin ada kebun yang cuma batu dan satu pohon. Kebun = hati. Tanaman, pohon-pohon = firman Tuhan. Bunga wangi = pengaruh positif, tindakan baik. Suasana sejuk = rasa damai sejahtera. Orang melihat = teman-teman yang kau sadarkan (ubah hidupnya))

Kalau kerja gak mungkin pake baju kotor. Mungkin masih dihormati karena memang atasan. Tapi, sama yang punya perusahaan mungkin kamu akan ditegur, dimarahi karena gak sopan dateng ke kantor dan ngomong sama pimpinan pake baju kotor. Makanya, kalau jalan lihat-lihat. Banyak lumpur n batu-batunya. Kalo jatuh, sakit, dan baju jadi kotor kan? Baju = lambang kekudusan / anak Allah, kotor = dosa, masih dihormati = mereka yang gak tahu kehidupanmu yang 1 lagi. Mereka yang tahu kamu dari luar aja. Yang punya perusahaan = Tuhan. Kantor = tempat pelayanan, tempat kamu melakukan kehendak Tuhan. Jalan lihat-lihat = waspada, saTe. Lumpur n batu = dosa.

Jangan pernah! Berpikir kita buat dosa berarti gak dapet berkat. Itu benar. Tapi, yang lebih benar adalah melakukan yang Tuhan telah sediakan dan yang Tuhan mau. Melakukan kehendakNya dengan jaga kekudusan. Kejar kekudusan, bukan berkat. Tuhan yang berkuasa beri berkat. Jangan meminta, tetapi berharap dan memberi. Orang yang kejar berkat menjadi “lubang” iblis masuk. Yang kejar kekudusan semakin terjaga karena Tuhan-pun kudus. Tapi, jangan kejar kekudusan. Itu cuman kiasan, motivasi. Kita kenal Tuhan dan telah dibaptis telah kudus. Yang perlu adalah jaga kekudusan (perkataan, pikiran, hati, perbuatan)

13 des 2010

– yesaya 55:8-9

Mengingatkan: jangan pernah bergerak sendirian. Jangan berjalan tanpa arah. Karena setiap kita dalam hidup ada jalan yang ditentukanNya. Termasuk apa impian terbesar kita adalah rancangan yang dariNya untuk kita.

– yesaya 55:11

Firman: sebuah kalimat yang pergi kepada setiap orang yang percaya padaNya. Buktinya, keberhasilan menjalankan tugas. Karena firman tidak pernah sia-sia dan kitapun tidak boleh menyia-nyiakan. (yohanes 1:1)

– 1 yohanes 5:15

Segala sesuatu telah diperoleh sejak lahir dari Dia. Yang kita lakukan hanya bekerja dan berdoa kepadaNya agar boleh kita menikmati.

– 1 yohanes 4:18

Takut dalam hal apapun tidak sama dengan iman pada Yesus. (roma 8:15, roma 14:23)

– especially for you n me:

Roma 8:10-11 (tubuh akan mati oleh dosa kita sendiri! Tetapi Roh kitalah yang diperbaharui dan Roh yang dari padanya adalah kudus dan tetap kudus karena Roh Kudus yang selalu membangkitkan Roh-mu untuk terus ada sampai Yesus anak Allah datang lagi.)

– tanda kehadiran kerajaan Allah bukan berdasarkan tanda-tanda lahiriah (fenomena-fenomena di berita TV) karena kehadiran Allah itu tidak di dunia! {matius 12:39, roma 14:17-18}

– jangan tertekan! Tuhan hadir dalam hidup aku dan kamu. Kamu berharap padaNya. Kamu percaya. Tuhan yang membebaskan! Dialah Yesus. Jadi, tertekan tidak sama dengan iman pada Yesus. Karena … {yohanes 12:47}

– pengharapan = menyucikan diri kepadaNya, memuliakanNya. Hidup berdasar harapan. Tidak ada harapan = mati, dan kita yang percaya hidup berdasarkan pengharapan.(roma 8:23-30)

– Allah, yaitu Yesus Kristus membuat segalanya istimewa. Tak ada yang tak berarti. Kagumlah karena janji ini dituliskan kepada kita semua yang menaruh pengharapan padaNya. (roma 1:25-31)

– yang penting Roh. Tubuh hanya formalitas. Hati, pikiran, dan roh yang dilihatNya. Penampilan gak mencerminkan apa yang didalam, yaitu hati, pikiran, dan roh. Karena itu tubuh harus mati. {1 korintus 5:4-8; 15:35-58 (point: ayat 42-44, 51-57), matius 13:33}

– hidup menurutku:

  1. Kita sedang berperang secara rohani
  2. Kita diberi Roh Kudus yang menjadi kekuatan
  3. Roh Kudus terus berperang sampai akhir
  4. Roh kita ikut dan tentu kuat
  5. Kemenangan ada di depan mata
  6. Garis finish masih jauh
  7. Dengan Yesus ada kekuatan tambahan untuk lebih cepat sampai ke garis finish

– peperangan vs iblis

  • Holy supper: membangkitkan roh yang jatuh, menguatkan roh yang jatuh, memperbaharui roh yang jatuh
  • Bible reading: memberi bahan bakar untuk berperang
  • Melaksanakan/menerapkan firman Tuhan: senjata lebih besar lagi untuk menang dalam perang
  • Berdoa: nafas untuk terus hidup
  • Roh Allah pada kita dan ia hidup. Perlu makanan (bible reading) dan perlu senjata untuk berperang {no. 3, firman}
  • Panduan: kata-kata Yesus Tuhan ke hati kita
  • Tanda: hidup jauh dari dosa, kekudusan terjaga dari (perkataan, tindakan, pikiran, dan maksud lain, sukacita penuh, sukacita yang menular pada orang lain, berbuah, kebangkitan setiap hari, so close to Jesus)

– Tuhan itu besar. Jangan pernah memandang masalah besar, karena masalah itu kecil kalau kita sungguh beriman pada Yesus Tuhan.

– surat-surat paulus = ‘motivasi’ dari Tuhan sendiri untuk kita. Surat-surat yohanes dan petrus = pedoman lebih dalam untuk kenal Tuhan

– orang yang membicarakan kejelekan di belakang kita adalah orang yang tidak akan pernah berada di depan kita

– aku bangga dengan hidup yang diberikan Yesus padaku. Karena aku tidak diatas. Tidak statis. Tapi, dinamis dan aku selalu meningkat dan tidak pernah jatuh ke bawah yang terbawah. (ulangan 28:13, pengkhotbah 3:11, matius 17:20, 1 yohanes 5)

14 des 2010

– titus 2:15

Mencerminkan dan menunjukkan dengan baik. Sikap yang baik. Dalam pemberitaan tentang kasih Yesus.

– ibrani 4:1-13

Tempat perhentian = surga. Pekerjaan kita adalah di dunia ini. Pekerjaan itu adalah melakukan kehendakNya. Pekerjaan = ketaatan padaNya. Yang ditekankan: sampai sejauh mana ketaatanmu terhadap Tuhan. Dari segi apapun untuk bisa masuk ke tempat perhentiannya.Dan juga pertunbuhan iman kita yang didasari daripad firman yang diperdengarkan  (ayat 12).

– ibrani 6:9-12

Ayat 11 => pengharapan = Yesus Kristus

Dewasa Jasmani dan Rohani

credit : remaja-bagi-kristus

DEWASA JASMANI DAN DEWASA ROHANI

Manusia mempunyai tubuh jasmani dan tubuh rohani. Eksistensi tersebut membuat manusia bisa mengalami hal-hal berikut ini

Ada kelahiran jasmani, yaitu saat manusia (bayi) keluar dari rahim ibunya. Namun ada pula kelahiran baru secara rohani, yaitu ketika manusia mengundang Yesus dalam hatinya sehingga ia menjadi ciptaan baru (Yoh 3:5-6).
Ada kedewasaan jasmani dan ada pula kedewasaan rohani. Jemaat di Korintus disebut Paulus sebagai belum dewasa secara rohani (1 Kor 3:1).
Ada pertumbuhan jasmani di mana semakin lama manusia semakin tua, dan ada pertumbuhan rohani. Keduanya tidak selalu berjalan seiring. Penulis Ibrani menegur, ”Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras. Sebab barangsiapa masih memerlukan susu ia tidak memahami ajaran tentang kebenaran, sebab ia adalah anak kecil. Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari yang jahat” (Ibr 5:12-14). Jadi, ada kanak-kanak secara jasmani dan ada kanak-kanak secara rohani. Orang yang sudah tua secara jasmani belum tentu sudah dewasa secara rohani. Sebaliknya, ada orang yang masih muda namun sudah dewasa secara rohani.
KESELAMATAN

Titik awal pertumbuhan rohani adalah saat manusia diselamatkan karena percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi. Pada tahap ini manusia mengalami “kelahiran baru” (born again).

Istilah lahir baru berasal dari kata Yunani, genethe anothen yang berarti dilahirkan baru (Yoh 3:3, 5). Arti teologisnya adalah aktivitas Roh Tuhan yang memberikan kodrat baru kepada seorang berdosa karena ia telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi. Kita yang percaya kepada Yesus menjadi ciptaan baru, hakikat baru dengan kapasitas dan keinginan baru yang menyenangkan Bapa (2 Kor 5:17). Alkitab menegaskan, ”Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan kekal” (1 Ptr 1:23).

Dengan demikian, orang yang baru percaya kepada Kristus adalah seorang “bayi rohani”. Selanjutnya, ia terus bertumbuh dalam kerohanian sampai mencapai tahap dewasa secara rohani. Ada yang pertumbuhannya lamban dan ada yang cepat, tergantung dari penyerahan diri dan kerinduan untuk bertumbuh itu sendiri.

Jika seorang remaja bertobat kepada Kristus maka ia dijadikan ciptaan baru. Ia segera menjadi bayi rohani yang terus akan bertumbuh. Sementara itu, orang tua yang sudah banyak umurnya, jika kekritenannya sekedar nominal (“Kristen KTP”) maka sesungguhnya ia masih berupa “janin rohani” yang dikandungkan Roh Kudus. Karena itu si remaja yang sudah lahir baru itu bisa jauh lebih dewasa secara rohani. Sementara si orang yang sudah tua tadi lahir baru saja belum.

PENGUDUSAN

Keselamatan dan pertumbuhan rohani pada dasarnya adalah proses pengudusan atau penyucian (sanctification). Manusia semua berdosa. Perbuatan baik dan usaha pendisiplinan hidup tidak bisa merubah status dan kodratnya sebagai orang berdosa. Namun begitu menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, status atau posisi kita adalah orang kudus di mata Tuhan. Inilah yang disebut penyucian secara posisi (positional sanctification). Dasar penyucian itu adalah kematian Yesus (Ibr 10:10, 14). Meskipun secara de fakto orang percaya masih jatuh bangun dalam dosa, tetapi karena percaya pada Kristus maka ia disebut orang kudus seperti pada kasus orang-orang Kristen di Korintus (1 Kor 1::2).

Pertumbuhan rohani manusia dimulai dari saat ia dikuduskan secara posisional karena menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat. Selanjutnya, ia harus mempersembahkan kekudusan hidup secara terus-menerus (Rom 12:1-2). Ia harus berusaha untuk mengejar kekudusan. Ini adalah proses kekudusan yang terus-menerus harus diupayakan (progresive sanctification).

Jika seorang remaja merindukan pertumbuhan rohani, ia harus sadar bahwa pertumbuhan rohani itu sama dengan penyucian hidup yang dimulai sejak dilahirkan baru. Kemudian remaja Kristen juga harus tahu bahwa dirinya wajib mengejar hidup kudus itu sendiri sebagai proses yang terus-menerus (progresive sanctification).

KARYA ROH KUDUS

Namun, orang berdosa pada dasarnya sudah rusak total (total depravity) sehingga tidak mungkin memperbaiki diri sendiri dengan kekuatannya sendiri. Demikianlah pertumbuhan rohani dan penyucian tidak bisa dilakukan dengan usaha-usaha dan rekayasa-rekayasa manusia. Hanya oleh Roh Kudus sajalah manusia bisa dipulihkan dan bertumbuh ke arah Kristus. Hal itu berbicara tentang bagaimana Roh Kudus bekerja secara supranatural mengubahkan manusia menjadi bertumbuh ke arah Kristus.

Pertumbuhan rohani orang percaya terjadi karena dua hal. Pertama, tindakan orang percaya itu sendiri untuk bertumbuh. Tuhan tidak pernah memaksa atau menjadikan kita robot. Tuhan memperhadapkan kita pada berkat dan kutuk serta memberikan kita kebebasan untuk memilih (Ul 30:19). Paulus mendorong kita untuk bertumbuh: untuk mempersembahkan hidup (Rom 12:1) dan untuk mengejar kesucian (2 Tim 2:21).

Kedua, pertumbuhan terjadi karena karya Roh Kudus dalam diri manusia. Karya Roh Kudus dalam diri manusia, tahapan-tahapannya adalah, pertama, meyakinkan (convicting) manusia akan dosa, hukuman, dan keselamatan (Yoh 16:8-11). Kedua, Roh Kudus melahirkan kembali sehingga manusia percaya mendapatkan kodrat baru (Tit 3:5). Ketiga, Roh Kudus membaptiskan orang percaya (1 Kor 12:13). Keempat, Roh Kudus memeteraikan (2 Kor 1:22). Kelima, Roh Kudus mendiami orang percaya (1 Kor 6:19). Keenam, Roh Kudus memenuhi orang percaya (Ef 5:18).

Roh Kuduslah yang membuat kita memiliki buah-buah Roh – kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5:22-25). Dengan demikian, semakin dipenuhi Roh Kudus maka orang percaya semakin menjadi seperti Kristus. Pertumbuhan itu terjadi karena Roh Kudus memberikan kekuatan supranatural yang mengubahkan mental, karakter, dan kepribadian manusia yang sebelumnya telah rusak total (total depravity).

PELEPASAN

Mengapa sering ditemui kasus manusia melakukan dosa terus menerus dan tidak mampu untuk bertobat? Hal itu terjadi karena ada ikatan roh-roh jahat. Ketika seseorang dibelenggu oleh ”roh perzinahan” misalnya, ia akan selalu terdorong untuk berbuat zinah. Bahkan sekalipun sudah selalu diingatkan, ditegur, dan dibina dalam lingkungan gereja, masih tetap sulit untuk berubah. Hal itu karena masih ada ikatan roh-roh jahat yang membelenggu dirinya.

Solusinya adalah didoakan secara khusus supaya terbebas dari ikatan roh-roh jahat itu. Tentang pelayanan pelepasan (pelayanan pengusiran setan) bisa dipelajari di blog http://www.pelayananpelepasan.wordpress.com

KOMUNITAS PERTUMBUHAN (bernama CG di GMS Favour Satelite)

Untuk memaksimalkan pertumbuhan rohani, remaja Kristen membutuhkan lingkungan pergaulan rohani yang mendukung. Hal itu penting sebab remaja pada umumnya sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan. Sedangkan Alkitab sendiri menegaskan kebenaran bahwa ”pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik” (1 Kor 15:33).

Lingkungan pergaulan di gereja lokal semestinya menjadi lingkungan sosial yang rohani yang kondusif bagi pertumbuhan rohani para remajanya. Gereja lokal perlu membentuk kelompok-kelompok sel remaja yang anggotanya adalah para remaja yang sudah dilahirkan baru dan dibina untuk terus bertumbuh. Ketika gereja merupakan kumpulan orang-orang yang tidak rohani maka tidak akan memacu pertumbuhan rohani masing-maging anggotanya.

Namun harus diingat supaya remaja Kristen tetap memiliki pergaulan yang luas dengan masyarakat di luar kekristenan. Jangan sampai komunitas gereja menjadi zona eksklusif yang membuat remaja mejadi menarik diri dari kehidupan masyarakat.

PEMBIMBINGAN ROHANI

Jika ada tubuh jasmani dan ada tubuh rohani, ada pula kakak atau ayah jasmani dan ada kakak atau ayah rohani. Idealnya kakak kandung dan ayah kandung adalah bertindak pula sebagai kakak dan ayah rohani. Namun pembimbingan rohani dapat pula terjadi di antara orang-orang yang tidak berhubungan darah. Sebagai contoh adalah antara Timotius (anak rohani) dan Paulus (ayah rohani). Pembimbingan rohani bagi para remaja Kristen sangat diperlukan.

PENDIDIKAN ROHANI KHUSUS (bernama MSJ di GMS Favour)

Dalam pembimbingan atau pembinaan itu, perlu diadakan pendidikan Kristen (PAK = Pendidikan Agama Kristen) khusus untuk remaja. Hal itu penting sekali sebab masalah-masalah remaja sangat spesifik. Di dalam konteks gereja, remaja semestinya menjadi segmen pembinaan tersendiri. PAK yang diberikan untuk remaja tidak bisa sama dengan yang diberikan untuk anak-anak atau untuk pemuda, apalagi untuk orangtua.

PAK remaja dapat dikembangkan dari masalah (kebutuhan) yang dialami atau dihadapi oleh para remaja, misalnya:

Psikologi remaja ditinjau dari Alkitab
Masalah love-sex-dating
Masalah kecanduan-kecanduan, termasuk narkoba
Masalah kenakalan remaja
Pertumbuhan rohani remaja
Panggilan pelayanan remaja
PAK remaja harus diarahkan untuk pertumbuhan rohani. Hal itu berarti jangan hanya bersifat pengetahuan umum. Jangan pula sekedar menambah wawasan Alkitab. Namun harus merupakan pendidikan yang memotivasi para remaja untuk benar-benar bertobat dan bertumbuh secara praktis.